10 Jurus Ampuh Atasi Virus dan Worm

                      10 Jurus Ampuh Atasi Virus dan Worm 
Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Pepatah ini ternyata berlaku juga di dunia komputer. Daripada mengeluarkan biaya besar untuk mengobati komputer, lebih baik sedini mungkin melakukan pengamanan yang dapat menjauhkan komputer Anda dari serangan virus.

Berikut ini adalah sepuluh jurus sakti untuk Mengelakkan serangan virus dan worm pada komputer Anda:

   1. Selalu lakukan scan terhadap disket yang masuk kepada PC anda. Meski tampaknya sepele, tetapi hal kecil ini akan membantu melindungi komputer anda dari virus yang di tularkan melalui tukar menukar disket dan FlashDisk. Jika sebuah PC terinfeksi sebuah Virus, maka disket yang dimasukkan ke dalamnya kemungkinan besar akan terinfeksi juga. Karena itu, jangan sembarangan membuka disket milik teman pada komputer anda, sebelum disket itu lolos seleksi scandisk. Jika ternyata scandisk dapat mendeteksi keberadaan virus tetapi tidak dapat menyembuhkanny, jangan memaksa membuka file pada disket tersebut. Toh ini bisa menjadi semacam warning bagi anda, supaya melengkapi komputer anda dengan penangkal virus.
   2. Scan juga CD yang masuk ke dalam CD Driver anda. Meski tampaknya lebih exklusif dan aman, tetapi CD ternyata juga memiliki potensi sama dengan disket, dapat menularkan virus. Karena itu, jangan lengah! Tetap lakukan scan pada sebuah CD yang akan dimasukkan pada PC anda,sekalipun CD itu baru saja dibeli dari toko.
   3. Lakukan scan pada harddisk Anda, tiap kali akan bekerja dengannya. Bagaimana seperti balita yang selalu di periksa kesehatannya, PC juga harus selalu dipantau apakan masih sehat atau telah terinfeksi oleh virus. Lagipula, dengan melakukan scan terhadap harddisk sebelum memulai pekerjaan, anda mengurangi resiko gangguan yang diakibatkan virus selama proses kerja Anda. Selain itu, juga memperkecil peluang terjadinya kerusakan file Anda.
   4. Proteksi disket/flasdisk Anda, jika anda memasukkanya kedalam PC orang lain. Seperti telah disebut diatas, jika Anda terpaksa memasukkan disket/flashdisk milik Anda kedalam komputer orang lain, maka disket/flashdisk anda perlu di proteksi terlebih dahulu. Konsekuensinya, anda tidak dapat melakukan perubahan terhadap file yang tersimpan didalam flashdisk tersebut.
   5. Jangan sembarangan men-download attachment. Saat ini banyak jenis Worm yang mengirimkan copy dirinya dalam bentuk attachment e-mail. Misalnya Worm Miss World. Karena itu, Anda jangan sembarangan membuka atachment jika alamat pengirim tidak Anda kenal. Bahkan meskipun Anda mengenali alamat pengirim, jika tidak ada kesempatan bahwa sebelumnya orang tersebut akan mengirim e-mail berikut attachment, sebaiknya Anda hapus saja attachment tersebut. Tidak peduli betapapun menariknya subjek attachment tersebut. Karena banyak pencipta Worm, memanfaatkan keingin tahuan seseorang agar mau membukaattachment meut tersebut. Misalnya, virus Jenifer Lopez dan worm Miss world yang dikatakan memuat gambar bugil Jenifer Lopez dan Gambar Miss World dalam kostum bikini.
   6. selektif dalam membuka e-mail. Begitu juga hukum yang berlaku dalam membuka e-mail. Sejumlah virus dan worm menduplikasi dirinya dan mengirimkan copy e-mail tersebut pada seluruh alamat e-mail yang tertera dalam address book Microsoft Outlook Express komputer yang diserangnya. Dengan demikian, si calon korban tidak akan menaruh kecurigaan dan dengan segera akan membuka e-mail beracun tersebut. Jika anda menerima e-mail dari seseorang yang anda kenal, tapi dengan subject yang aneh, sebaiknya hapus langsung e-mail tersebut. kecuali bila anda memang mengetahui lebih dekat teman anda tersebut.
   7. Memasang dan Selalu meng-update program anti virus pada komputer Anda. Kadang orang yang masih awam di bidang komputer, merasa sudah aman jika sudah memasang Norton atau MacAfee. Anggapan itu salah! Program anti virus memiliki masa kadaluarsa seperti makanan kaleng. Anda harus selalu meng-update program anti virus yang sudah expired, tidak akan punya gigi lagi untuk menahan serangan virus pada komputer Anda.
   8. Selalu mengikuti perkembangan terbaru tentang virus. selain memiliki masa kadaluarsa, program anti virus ini juga selalu meng-update sehubungan dengan virus-virus baru yangterus di release. Para ahli terus melakukan pengembangan untuk menandingi pencipta virus yang juga berlomba-lomba menciptakan virus yang lebih ganas dari hari ke hari.
   9. Mendownload Microsoft Outlook Security Patch sedalam system komputer Anda. Sebagai mana di ketahui, tidak ada program software yang sempurna. Maksudnya, pasti ada bug atau titik lemah dalam software itu. Demikian juga pada halnya yang terjadi dengan aplikasi Microsoft Outlook Express. Dengan men-download Microsoft Outlook Security Patch ke dalam system komputer anda, berarti anda telah menanggulangi bug yang ada dalam program ini, kinerja dari "satpam" Microsoft Outlook Express menjadi lebih maksimal dalam menjaga komputer Anda, dari virus atau worm yang menyerang dengan memanfaatkan address
      Book Microsoft Outlook Express.
  10. Menonaktifkan Windows Scripting Host. Sebagaimana diketahui, banyak virus dan worm baru yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Visual Basic di bawah sistem windows. Untuk memperkecil serangan, Anda sebaikknya menonaktifkan program yang berfungsi untuk mengotomatisasi suatu fungsi. Namun demikian, tidak semua virus berbahasa VBS dengan menonaktifkan program ini.

Komentar

Postingan Populer