Langsung ke konten utama
Tips Setting Karburator 4-Tak
Tips Setting 4-Tak agar tarikan lebih enteng dan bertenaga, karena Karburator adalah salah satu bagian terpenting dari tenaga Motor / mesin.
kali ini blog Informasi akan membahas Setting karburator meskipun sudah pernah di ulas di Tips Korek Motor Satria FU 150cc drag, pada halaman ini khusus membahas Tips Setting karburator, jika ingin mencari Tips Otomotif berkaitan lainnya silahkan menuju tag Tips Otomotif.
Meski bisa pertahankan Karburator standar bawaan pabrik, korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karburator sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.
Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing Korek harian berbeda antara Motor 110cc,125,150 dan lain sebagainya dan tergantung tujuan setting karburator itu sendiri, Pertama rasakan pada keada'an langsam apakah cukup bertenaga, kurus atau terlalu boros, Untuk hasil pengabutan yang maksimal akan terasa suara ledakan knalpot keras.
Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan Lima angka dulu,” kata lelaki berambut cepak ini.
Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi,” ingatnya.
Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi, Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan Terlalu boros.
Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika Motor susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya.
Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.
Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun main–jet untuk korek harian, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburator apapun deh,” tutup Ahak
Komentar
Posting Komentar
Tinggalkan komentar anda